Sejarah dan Perkembangan Lampu LED

/
September 29, 2019

Lampu LED atau singkatan dari Lampu Light Emitting Diode adalah salah satu komponen elektronik yang terbuat dari bahan semi konduktor jenis dioda yang mampu memancarkan cahaya. Tidak bisa dipungkiri perkembangan lampu LED ini dari tahun ke tahun berkembang sangat cepat. Berikut ini sekilas penemuan lampu LED dari tahun ke tahun.

Tahun 1907
Pada saat itu Henry Joseph Round seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris, menemukan bahwa bahan anorganik dapat menyala ketika sebuah arus listrik diterapkan. Dan penemuan ini pun di lupakan.

Tahun 1921
Oleg Lossew seorang fisikawan berkebangsaan Rusia, dia menemukan putaran efek dari sebuah emisi cahaya, hingga pada tahun 1942, dia sudah bisa menjelaskan secara terperinci fenomena tersebut.

Tahun 1962
Nick Holonyak seorang berkebangsaan Amerika mengembangkan luminescense merah pada dioda (tipe GaAsP), mengawali lahirnya industri LED.

Tahun 1971
Perkembangan LED warna hijau, oranye dan kuning. Kinerja dan efektivitas LED terus membaik.

Tahun 1993
Tiga ilmuwan berkebangsaan Jepang menemukan LED biru, LED di kisaran spektrum hijau (InGan Diode)

Tahun 1995
LED warna putih diciptakan dari konversi pendaran. Perkembangan LED ini menuai puncaknya pada tahun 1990 -an, ketika tiga ilmuwan berkebangsaan jepang menemukan teknologi LED berwarna biru. Mereka adalah Isamu Akasaki dan Hiroshi Amano dari Universitas Nagoya, dan Shuji Nakamura dari Universitas California. Ketiga ilmuwan ini menciptakan LED biru dalam sebuah riset terpisah di awal tahun 90-an. Penemuan mereka terus mengalami penyempurnaan hingga akhirnya dapat memancarkan cahaya putih terang yang tahan lama dan hemat energi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!