Produsen Lampu LED

/
September 26, 2019

Kebutuhan masyarakat terhadap lampu LED memang cukup tinggi. Hal ini disebabkan ragam keuntungan yang didapatkan dibandingkan menggunakan lampu konvensional. Namun, kapasitas produksi lampu ini masih tetap mengandalkan produksi lampu LED impor sehingga diperlukan regulasi untuk melindungi produsen lampu LED lokal yang memiliki kualitas terbaik untuk berkembang dan memenuhi pasar domestik.

Banyak sekali keuntungan yang diperoleh dari penggunaan lampu LED yang diproduksi dalam negeri dibandingkan lampu impor. Maka dari itu, pihak produsen menghimbau kepada

pemerintah untuk mewajibkan SNI pada produk-produk lampu yang dinilai sangat tidak rasional. Baik secara harga, kualitas dan ketahanan.
Menurut John Manoppo berdasarkan situs kemenperin.go.id menyatakan lampu LED impor yang masuk di tanah air seharusnya memenuhi Standar Nasional Indonesia. Tentu saja hal ini berkaitan dengan harga lampu impor dijual sangat murah hingga ribuan rupiah. Apabila Indonesia tidak memiliki regulasi, secara otomatis Indonesia menerima produk murah yang sudah ditolak oleh negara pengimpor.

Produsen Lampu LED lokal yang tak kalah dari impor

Kebutuhan pasaran domestik membuat kegiatan impor kian marak terjadi, namun fakta di lapangan menunjukkan kualitas barang tidak sesuai dengan standar yang ada. Tentu hal ini sangat merugikan pihak produsen yang sudah berjuang untuk meningkatkan kualitas dan ketahanan produk sesuai standar.
Namun, perlu diketahui serangan produk impor seharusnya dibarengi dengan kebijakan SNI yang mengatur tentang produk perlampuan, sehingga produsen lampu LED lokal merasa adil dan sinkron dengan persaingan di pasaran domestik.

Beberapa produsen lampu lokal yang sudah berkembang pesat di tanah air meliputi, PT. Sinar Angkasa Rumput dengan brand-nya Chiyoda, PT. Pancaran Indonesia, PT. Sentra Solusi Elektrindo dan lain sebagainya. Keberadaan para produsen lampu LED lokal seharusnya mendapat perlindungan dari kebijakan pemerintah dengan memayungi regulasi sesuai standarisasi produk-produk yang ada di Indonesia. Sehingga, barang-barang impor terutama barang elektronik memiliki kualitas dan ketahanan yang sesuai. Hal ini berkaitan dengan tingkat kepuasan konsumen melalui daya beli tidak anjlok yang membuat para produsen kian dirugikan.

Karena itu kita, sebagai masyarakat Indonesia haruyslah memulai untuk menggunakan produk dalam negeri. Selain ini juga demi kemaslahatan bagsa, kualitas dari produk buatan anak bangsa juga tidak akan kalah jika dibandingkan dengan buatan luar negeri.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!